Jumat, 26 Agustus 2011

Fakta Di balik Pembubaran Jannisary

Di Artikel saya yang sebelumnya, telah sedikit saya cuil tentang " Jannisary ", Pasukan Elit Turki sekaligus pasukan elit umat Islam saat itu.
Keberhasilannya boleh di acungi jempol, tapi di Dinasti Murad malah pasukan elit ini di bubarkan, Loh Kok di bubarkan ?
Nah, hal ini yang ingin saya bahas kali ini, Silahkan di baca bro^^




Janissary (yeniceri) adalah tentara elite yang di miliki kekaisaran turki ustmani, ada sejak jaman sultan murad I lalu dibubarkan bulan juni 1826 oleh sultan mahmud II, ketika kekhalifahan turki mulai meredup dan menjadi "sick man of europe"


Anggota Janissary wajib memiliki kumis dan tidak boleh punya jenggot, ini untuk membedakan janissary dan pasukan lainnya






Tentera Janissari terbahagi kepada TIGA divisi
Cemaat atau jemaat(Tentera barisan depan), dengan kekuatan 101 orta(batallion)
Beyliks atau beuluks (Pengawal peribadi Sultan), dengan kekuatan 61 orta (batallion)
Sekban atau seirnen, dengan kekuatan 34 orta( batallion)
 

awal abad ke 17 Janisari sudah tidak berperan sebagai fungsi awalnya yaitu sebagai pasukan elit. banyak dari mereka yg bukan prajurit (beberapa menjadi pedagang, "karyawan lantoran"), di samping itu sistem seleksi yg awalnya begitu ketat lama kelamaan kendor sehingga yg direkrut bukan murni "budak" tapi ada jg putra dari anggota resimen janisari sebelumnya, sehingga lama kelamaan kehilangan keefektifitasanya sebagai pasukan elit. banyak dari mereka yg hanya makan gaji buta. selain itu, janisari sangat menentang modernisasi pasukan utsmani sehingga para sultan yg hendak melakukan modernisasi dibunuh atau diturunkan paksa. sampai akhirnya pada bulan Juni 1826, Sultan Mahmud II sengaja memancing sebuah insiden dimana dalam insiden itu seolah-olah janisari akan memberontak sehingga Sultan Mahmud II punya alasan untuk membubarkan mereka. akhirnya, Sultan mengutus satuan Sipahi untuk menyerang barak Janisari di Thessaloniki dan Istanbul, sedangkan barak janissari yg ada di Aksaray dibombardir beserta para Janisari di dalamnya. dalam waktu singkat hampir semua janisari terbunuh atau tertangkap, para pucuk pimpinan dan Agha (komandan) mereka dieksekusi, sisa2 Janisari banyak yg bersembunyi dan melepas identitasnya. Ordo Sufi Bektashi, sebagai ordo keagamaan Janisari juga dibubarkan. karena kebanyakan Janisari berasal dari Rumelia dan Balkan, sehingga memancing pemberontakan di sana. Masa2 ini disebut sebagai Vaka-i Hayriye/Unfortunate Incident/Auspicious Incident. Insiden ini turut mempercepat keruntuhan Kesultanan Turki Utsmani. (The Ottoman)



Ini Cuma Sedikit gambaran tentang proses jatuhnya kesultanan Turki, Silahkan anda nilai2 sendiri mengapa Kerajaan Islam yang awal berdirinya begitu kuat namun di akhir malah kedodoran, menjadi lemah dan tak berdaya T.T




Sumber http://segudangcerita.blogspot.com/2011/01/janissary-tentara-elite-dan-modern.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen Dulu Gan^^