Kamis, 15 September 2011

Chat Alternatif Masa Kini


Salam semangat sobat, kali ini saya ingin sharing soal aplikasi Chat / Messanger. Sebagai seorang blogger atau bahkan sebagai pengguna internet yang cukup aktif, nge-chatdengan teman dunia maya sudah pasti menjadi kegiatan yang cukup sering di lakukan. Minimal chatdengan aplikasi facebook chat.
Anda mungkin masih ingat dengan aplikasi chat MiRC yang udah jadul banget. Tak bisa di anggap sepele memang, justru dari sinilah berkembangnya aplikasi chat yang banyak marak sekarang ini. Saya masih ingat, bagaimana hebohnya saya waktu pertama kali menggunakan MiRC dulu. Saking asyiknya chat, saya sering lupa waktu. Berjam-jam duduk di warnet cuma ingin chat dengan teman-teman baru. hemm… Kalau sekarang, MiRC mungkin sudah banyak di tinggalkan. hihi..

Oke deh, berikut aplikasi Chat / Messenger alternatif yang bisa anda coba :
yahooTanpa di jelaskan pun mungkin anda sudah tahu tentang aplikasi yang satu ini. YahooMessenger memang aplikasi chat yang paling banyak di pakai saat ini. Tak heran makanya banyak blogger bisnis menjadikan YM sebagai solusi untuk berinteraksi dengan pelanggannya. Tapi satu hal yang menjadi kekurangannya adalah, YM sulit di gunakan/setting bagi komputer yang menggunakan internet dengan proxy. Ohya, Yahoo Messenger cuma bisa menampung satu akun dariyahoo saja.
gtalkKalau yang ini adalah aplikasi chat keluaran google. Hampir sama dengan Yahoo Messenger, tapi saya pikir google talk ukurannya lebih ringan. Di perusahaan tempat saya bekerja, Gtalk menjadi aplikasi yang wajib untuk di instal sebagai sarana berkomunikasi antar pegawai di seluruh indonesia. Karena ini produk google, aplikasi ini juga cuma bisa menampung untuk akun gmail saja. Gtalk tersedia untuk Windows, linux dan Mac OSX.
pidginBerbeda dengan YM dan Gtalk, Pidgin adalah aplikasi chat yang bisa menampung banyak akun sekaligus. seperti akun yahoo!, gmail,msn, Myspace, Skype, Facebook, IRC dan lain-lain. Saya pernah mencobanya, tapi sayangnya aplikasi ini hampir sama dengan Yahoo Messenger yang tidak bisa di jalankan dengan internet proxy. Berhubung Internet di kantor saya pakai proxy, aplikasi ini terpaksa saya hapus. Tidak bisa konek soalnya. Kalau anda pengguna Modem atau wifi pastinya tidak ada masalah. Pidgin tersedia untuk Windows, Fedora, Ubuntu, CentOS dan Mac OSX.
digsbySeperti Pidgin, Digsby adalah aplikasi chat yang bisa menampung banyak akun, seperti akun yahoo!, gmail, msn, Myspace, Skype, Facebook, IRC dan lain-lain. Kelebihan Digsby dari aplikasi lain adalah Digsby memiliki banyak featur seperti email notification, social network untuk update status sekaligus. Selain itu, aplikasi ini sudah mendukung proxy. Makanya digsby menjadi pilihan saya untuk aplikasi chat. Digsby juga tersedia untuk windows, Linux dan Mac OSX.
adiumBagi anda pengguna Mac OSX, ada juga aplikasi chat yang di buat khusus Mac OSX. Namanya Adium. Secara tampilan hamir sama dengan aplikasi di atas. Namun saya belum mencoba karena saya gak punya MAC OSX soalnya. hihi.. Adium juga sudah menndukung banyak akun sekaligus seperti Yahoo!, gmail, msn, IRC, Facebook dan lain-lain.

6. Emapthy
empathyIni adalah aplikasi chat yang sering saya pakai kalau lagi di Ubuntu. Yeah, karena Empathy adalah aplikasi chat yang sudah menjadi bawaan di desktop ubuntu. Kalau anda pengguna linux Ubuntu, tak usah repot mengingstalnya, karena empathy langsung siap pakai.Empathy juga sudah mendukung banyak akun, seperti yahoo!, gmail, facebook dan lain-lain.
Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi chat lain yang bisa kita coba. Tapi saya pikir segitu dulu ya. Banyak-banyak bisa bikin kita bingung memilihnya. hihi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen Dulu Gan^^